Kamis, 26 April 2012

festival bunga di negeri kincir angin


FESTIVAL BUNGA DI NEGERI KINCIR ANGIN BELANDA

Belanda dengan ibu kota negara Amsterdam memiliki sejuta pesona, mulai dari tata letak kota yang begitu cantik dengan udara yang masih terjaga keasriaanya dan lingkungan yang bersih.
Selain karena tata letak dan keindahan kotanya, Belanda juga masih memiliki pesona lainnya yaitu maskot negara ini yang dikenal sebagai negara bunga tulip. Jika anda pernah jalan-jalan ke negara ini, anda pasti akan disambut oleh jutaan tangkai bunga-bunga tulip yang bertaburan di sepanjang taman-taman yang ada disana terutama jika anda mengunjungi negara ini pada bulan mei. Pada bulan mei bunga tulip yang ditanam sebelumnya telah bermekaran dan menghasilkan warna-warna menarik disetiap kelopak bunganya.

Pemerintah Belanda melihat kesempatan ini sebagai sebuah strategi untuk lebih memperkenalkan negara belanda sebagai kota wisata yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk para wisatawan yang mencintai bunga. Untuk itu setiap tahunnya di kota ini diadakan festival bunga tahunan.
Festival yang diadakan ini ternyata memberikan hasil yang cukup menggembirakan, hal ini dapat dilihat dari setiap tahunnya, ratusan ribu turis asing dan dalam negeri berdatangan untuk menyaksikan keindahan bunga tulip yang hanya dapat dinikmati satu tahun sekali.
Meskipun bunga tulip dikenal sebagai identitas negara Belanda, bunga tulip ternyata berasal dari kawasan asia. Di habitat aslinya, bunga indah ini tumbuh secara liar di pegunungan Pamir dan Hindu Kush yang berada di wilayah Kazaksthan. Bunga tulip hanya bisa tumbuh di negara yang bersuhu rendah, daerah disekitar pegunungan merupakan tempat terbaik bagi bunga ini untuk dapat hidup.

Belanda sendiri mengenal bunga ini sekitar abad ke – 16. Nama tulip sebenarnya berasal dari bahasa Turki yang berarti sorban, lihat saja bentuk bunga tulip seperti sorban yang dipakai oleh para pria di Turki.
Bunga tulip berkembang melalui biji dan umbi. Bunga ini masih memiliki kekerabatan dengan bunga lili, warna dasar dari kelopak bunga tulip adalah hijau kebiru-biruan. Tetapi karena adanya persilangan yang dilakukan oleh para petani maka varietas warna bunga tulip menjadi beragam yaitu merah, orange, kuning, hijau, ungu, biru dan ada juga yang memiliki gradasi warna kombinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar